Menentukan 1 Syawal 1430 H (Idul Fitri 2009 M) Menggunakan Freeware STELLARIUM

Idul Fitri 1430 H (2009) sudah sangat dekat, tinggal menghitung hari saja. Sudah tersiar kabar bahwa PP Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1430H (Idul Fitri 2009 M) pada Minggu, 20 September 2009. Bahkan menteri agama RI, Bapak Maftuh Basyuni, juga sudah memprediksi 1 Syawal 1430H pada tanggal 20 September 2009 juga. Seperti yang kita ketahui bahwa PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab (perhitungan) dalam penentuan 1 Syawal tersebut, sedangkan pemerintah menggunakan metode ru’yah dengan cara melihat bulan langsung.

Kita juga dapat melakukan simulasi metode ru’yah (melihat bulan) untuk menentukan 1 Syawal (Idul Fitri) dengan menggunakan freeware STELLARIUM. Cara menentuan 1 Syawal menggunakan metode ru’yah ini adalah, apabila bulan terlihat sempurna pada saat matahari terbenam. Untuk mensimulasikannya menggunakan STELLARIUM adalah :

1. Download Stellarium (versi portable) di sini (zip, 38 MB)

2. Lakukan ekstrasi file StellariumPortable.zip ke dalam hardisk atau flashdisk

3. Jalankan StellariumPortable

4. Tentukan posisi/lokasi acuan untuk melihat bulan dengan cara tekan tombol F6. Pilih lokasi, misalnya Jakarta.

5. Atur tanggal dan waktu sebagai acuan dengan cara tekan tombol F5. Atur di tanggal 19 September,jam 17:50 (menjelang matahari terbenam).

6. Cari obyek bulan, dengan cara tekan tombol F3. Pada kolom pencarian ketik bulan (jika dalam mode bahasa Indonesia) atau ketik moon (jika dalam mode bahasa Inggris)

7. Agar bulan dan matahari pada saat itu dapat diamati dengan jelas, ganti metode pandang STELLARIUM. Tekan F4, klik tombol Landscape, klik Ocean

8. Kembali ke langkah 5, atur kembali waktu agar mendekati magrib, misal jam 17:50



Ternyata pada jam 17:50 tersebut, matahari belum sempurna tenggelamnya. Percepat menit pada kolom Date and Time dengan cara klik tombol segitiga atas menggunakan mouse. Misalnya kita percepat menjadi jam 18:00 dan saat itu diperkirakan matahari telah terbenam sempurna.



Sekarang kita baca posisi bulan pada jam 18:00 tersebut :



Ternyata pada jam 18:00 tersebut, posisi bulan ada pada 2 derajat lebih di atas ufuk, sehingga bisa disimpulkan bahwa 1 Syawal 1430 H (Idul Fitri 2009) jatuh pada Minggu, 20 September 2009.

Kita tunggu saja keputusan pemerintah di tanggal 19 September 2009 dalam sidang isbath DEPAG tentang penetapan 1 Syawal 1430 H (Idul Fitri 2009).

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://isparmo.web.id/

Title : Menentukan 1 Syawal 1430 H (Idul Fitri 2009 M) Menggunakan Freeware STELLARIUM
Description : Idul Fitri 1430 H (2009) sudah sangat dekat, tinggal menghitung hari saja. Sudah tersiar kabar bahwa PP Muhammadiyah telah menentukan 1 Sya...

1 Response to "Menentukan 1 Syawal 1430 H (Idul Fitri 2009 M) Menggunakan Freeware STELLARIUM"

  1. Alhamdulillah...
    semoga saja hari raya Idul fitri tahun ini bisa kita rayakan serentak diseluruh negeri..
    agar rasa kebersamaan dan kekompakan umat islan dinegeri ini semakin erat dan kuat...
    bukan berarti selama ini perbedaan dalam merayakan hari raya idul fitri kita beda terus membuat rasa persatuan dan kesatuan kita melemah...
    ini dikarenakan masih2 kubu memiliki pandangan dalam menentukan hari raya idul fitri jatuh pada tanggal berapa.

    semoga saja hari raya ini bisa kita laksanakan serentak...
    agar rasa kesatuan dan persatuan antara umat beragama agar perpecahan diantara kubu bisa semakin berkurang dan bisa saling mendukung...

    semoga kita bisa kembali ke fitri...
    dan kita bisa kembali bertemu dengan bulan suci Ramadhan tahun depan....Amin..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberikan komentar pada tulisan saya :)
Mohon maaf, komentar spam dan menyematkan link tidak bermanfaat terpaksa saya hapus!

Semoga bermanfaat!