5 Juta Password Gmail Bocor, Andakah Salah Satu Korbannya?

Pekan ini sebuah kabar yang menyebutkan bahwa telah terjadi kebocoran pada alamat Gmail dan passwordnya mencemaskan dunia. Khususnya para pengguna akun email tersebut. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 5 juta alamat Gmail dan password, bocor.

Ini tentu saja memicu kekhawatiran – bahkan bagi para pengguna Yahoo Mail dan Outlook. Meskipun, pihak Google sendiri mmengatakan tidak ada bukti bahwa setiap layanan email lain selain Gmail terganggu dengan cara apapun. Dan tak hanya itu, Google juga mengatakan bahwa itu tidak diretas.

Sebaliknya, password-passwor yang bocor itu kemungkinan datang melalui penipuan online dan peretasan pada situs. Demikian dilansir telsetNews dari Epoch Times, (11/09).

Namun, kebocoran itu, bagaimanapun menegaskan bahwa pengguna Gmail, Yahoo, dan Outlook harus waspada terhadap penipuan online. Pengguna juga harus memastikan password mereka cukup kuat.

Pihak Google mengungkapkan dalam sebuah blog, bahwa salah satu realitas yang tidak menguntungkan di Internet saat ini adalah fenomena yang dikenal di kalangan keamanan sebagai “dump credential”- publikasi daftar username dan password di web. Mereka selalu memantau untuk hal ini sehingga mereka dapat merespon dengan cepat untuk melindungi penggunanya.

Sementara terkait kebocoran, CSIS Security Group melaporkan bahwa pembocor Rusia mengatakan lebih dari 60 persen dari data adalah sah.

“Kami tidak dapat mengkonfirmasi bahwa memang sebanyak 60 persen, tapi sejumlah besar data yang bocor adalah sah,” Peter Kruse, chief technology officer dari CSIS, mengatakan. “Kami percaya data tidak berasal dari Google langsung, sebaliknya, kemungkinan itu berasal dari berbagai sumber yang telah dikompromikan,” tambahnya.

Ada setidaknya kurang dari 2% dari kombinasi username dan password yang mungkin telah bekerja, dan sistem anti-pembajakan otomatis Google akan memblokir banyak dari mereka yang mencoba login. Tak hanya itu, Google juga telah melindungi akun yang terkena dampak dan telah mengharuskan pengguna untuk me-reset password mereka.

Nah, apakah Anda termasuk salah satu di antaranya? Semoga saja tidak.

Sumber : www.telsetnews.com

Title : 5 Juta Password Gmail Bocor, Andakah Salah Satu Korbannya?
Description : Pekan ini sebuah kabar yang menyebutkan bahwa telah terjadi kebocoran pada alamat Gmail dan passwordnya mencemaskan dunia. Khususnya para pe...

0 Response to "5 Juta Password Gmail Bocor, Andakah Salah Satu Korbannya?"

Post a Comment

Terimakasih sudah memberikan komentar pada tulisan saya :)
Mohon maaf, komentar spam dan menyematkan link tidak bermanfaat terpaksa saya hapus!

Semoga bermanfaat!